Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Booth-Booth Menarik di Pameran Sidang Tahunan IDB ke-41

Jakarta, 19/05/2016 Kemenkeu - Memasuki hari keempat penyelenggaraan, pameran Sidang Tahunan Islamic Development Bank (IDB) ke-41 yang berlangsung di Exhibition Hall Jakarta Convention Center, Jakarta masih menarik antusiasme yang tinggi dari para pengunjung.

Pameran yang diselenggarakan mulai tanggal 15-19 Mei 2016 tersebut diikuti oleh 158 booth yang dari negara-negara anggota IDB, kementerian/lembaga, pemerintah daerah, sektor perbankan dan sektor keuangan lainnya, lembaga penelitian, akademisi, dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Selain booth Kementerian Keuangan yang selalu dipadati pengunjung, berikut ini adalah booth-booth menarik lain yang banyak menarik minat para pengunjung.

Pertama, booth Singosari National Artificial Insemination (AI) Center, Malang. AI adalah teknik inseminasi buatan pada hewan yang telah dikenal di Indonesia sejak tahun 1950, tetapi baru intensif diaplikasikan mulai tahun 1972. Dengan dukungan IDB, sebanyak 23 wakil Negara Kyrgiztan telah mengikuti ‘Training on Artificial Insemination Management, Training on Frozen Semen Handling dan Training on Frozen Semen Production’ di Singosari National AI Center, Malang.

Kedua, booth Jakarta Smart City. Jakarta Smart City menerapkan konsep kota cerdas/pintar yang mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mengetahui, memahami dan mengendalikan berbagai sumber daya di dalam kota dengan lebih efektif dan efisien. Jakarta Smart City bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan publik, memberikan solusi penyelesaian masalah dan mendukung pembangunan berkelanjutan. Jakarta Smart City dapat dikunjungi pada alamat situs: smartcity.jakarta.go.id.

Ketiga, booth Islamic Research and Training Institute (IRTI). IRTI adalah salah satu lembaga penelitian dan pelatihan utama di dunia yang didedikasikan untuk penciptaan pengetahuan dan diseminasi di bidang ekonomi Islam, perbankan dan keuangan. IRTI merupakan anggota Bank Pembangunan Kelompok Islam (IDBG), lembaga keuangan internasional yang didirikan untuk mendorong pembangunan ekonomi dan kemajuan sosial dari negara-negara anggota dan masyarakat muslim di negara-negara non-anggota, sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Keempat, booth PT Agate International. Agate Studio adalah sebuah perusahaan pengembang game pemenang berbagai penghargaan yang berbasis di Bandung. Didirikan pada Bulan April 2009, Agate fokus menciptakan game hiburan berkualitas tinggi serta menciptakan game bertemakan pendidikan dan pelatihan bagi perusahaan. Pada booth ini, pengunjung bisa mencoba berbagai game yang telah diciptakan Agate.

Kelima, booth Nafham-Mesir. Nafham adalah suatu platform pendidikan online gratis yang memuat konten video pendidikan berdasarkan kurikulum Mesir untuk siswa taman kanak-kanak (TK) hingga kelas 12. Nafham aktif mempromosikan model ajarannya yang memungkinkan siapa saja, baik siswa, orang tua, maupun guru untuk mengirimkan video yang menjelaskan tentang pelajaran atau masalah.

Keenam, booth Integrated Community Driven Development (ICDD) – Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU). ICDD-KOTAKU merupakan program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI yang bertujuan untuk pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh perkotaan. Pada booth ini, pengunjung diajak langsung mengolah plastik kemasan bekas menjadi barang yang bermanfaat.(aam/bkf)