Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

BPPK Terapkan AI untuk Jalankan Action Plan

Penilai Harus Miliki Etiket agar

 

BPPK Terapkan AI untuk Jalankan Action Plan

 

Jakarta, 01/10/2010 MoF (Fiscal) News – Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) akan melakukan pendekatan metode Appreciative Inquiry (AI) dengan empat tahapan dalam menjalankan action plan-nya. Demikian disampaikan Kasubbag Hukum dan Kerja Sama BPPK R.Wisnu H. dalam Raker BPPK di Hotel Novotel Bogor, Kamis (30/09).

Empat tahapan tersebut adalah discovery, dream, design, dan destiny. Discovery yaitu mengumpulkan kisah/cerita sukses yang membuat organisasi tetap diperlukan. Dream yaitu apa yang perlu dicapai pada masa depan. Design berarti menyusun arsitektur strategis organisasi, co-creation dari strategi, sistem, struktur, dan pola hubungan.  Proses ini penting dalam menumbuhkan komitmen. Terakhir, destiny yaitu undangan untuk membangun masa depan melalui pemikiran kritis, inovasi dan rencana tindakan yang dilengkapi dengan deklarasi komitmen individual untuk mendukung kinerja organisasi.

 

Wisnu menjelaskan, metode Appreciative Inquiry adalah satu jenis manajemen perubahan yang efektif dengan melibatkan banyak orang sekaligus dalam waktu yang singkat, menumbuhkembangkan percaya diri yang tinggi, dapat mengumpulkan informasi dengan cepat dan cakupan luas di organisasi secara komprehensif dan menciptakan komitmen (sense of ownership).(adt)

 

1