Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

BPS : Inflasi Agustus Optimis di Bawah 2 Persen

Jakarta, 29/08/2013 MoF (Fiscal) News - Badan Pusat Statistik (BPS) optimistis laju inflasi pada bulan Agustus 2013 akan berada di bawah 2 persen, atau lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 3,29 persen. Demikian disampaikan Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo di Jakarta, Kamis (29/8).

Menurutnya, penurunan laju inflasi pada bulan Agustus ini didorong oleh beberapa harga komoditas yang sempat melambung, seperti daging sapi maupun cabai yang juga sudah mengalami penurunan. Sedangkan, untuk komoditas pangan lainnya seperti tempe dan tahu mengalami peningkatan karena harga kacang kedelai yang cenderung tinggi, di samping itu harga beras juga mulai naik.

“Tapi inflasi Agustus ini memang terutama dipengaruhi kenaikan emas perhiasaan. Bagi yang telat beli emas agak rugi lah karena tiga bulan ke depan harganya naik lagi," jelasnya.

Ia mengakui, Indonesia memiliki peluang untuk mencatat deflasi di tahun ini. Namun, karena pelemahan nilai tukar rupiah yang terjadi belakangan ini membuat sejumlah harga-harga barang impor mengalami peningkatan. Apalagi di bulan September adalah masa puncak panen kedua dan kemungkinan di bulan Desember inflasi masih bisa dikendalikan, asal ada kemauan untuk intervensi.

"Tahun ini kemungkinan inflasi cenderung di atas 8 persen, tapi mudah-mudahan lah kita berharap tidak sampai 9 persen. Menurut saya terlalu berat lah (jika inflasi 9 persen)," pungkasnya. (Ans)