Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

BPS: Pemerintah Harus Waspadai Lonjakan Inflasi Menjelang Ramadhan

Jakarta, 30/05/2014 MoF (Fiscal) News - Badan Pusat Statistik (BPS) meminta pemerintah untuk mewaspadai adanya lonjakan harga menjelang bulan ramadhan. Meskipun, sampai saat ini harga kebutuhan pokok masih cukup terkendali.

"Sampai dengan minggu ini, harga kebutuhan pokok masih terkendali tapi menjelang puasa kami mengusulkan pemerintah untuk hati-hati,"ujar Kepala BPS Suryamin di Jakarta, Senin (26/5).

Menurutnya, sampai dengan minggu ini dari 21 komoditi penting bahan makanan, lebih dari 11 harga komoditi masih stabil bahkan ada yang mengalami penurunan. Namun, memasuki bulan puasa pemerintah harus tetap berhati-hati, karena adanya kendala dalam suplai dan distribusi.

"Dari laporan Menteri Pertanian, suplai masih bagus. Kalau dari distribusi, mudah-mudahan membaik karena Kementerian Pekerjaan Umum sedang membangun (jalan di jalur) Pantura, sehingga saatnya nanti (distribusi) akan bagus,"urainya.

Kendati demikian, hal yang perlu diamati selain ketersedian bahan pangan adalah adanya pengaruh kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) serta kenaikan tarif angkutan laut. "Barang-barang diluar pertanian juga bisa berdampak, itu yang harus dikontrol,"imbuhnya.

Disamping itu, tambah Suryamin, adanya Idul Fitri maupun tahun ajaran baru tidak boleh diabaikan karena mempunyai kontribusi cukup besar terhadap inflasi. Pasalnya, barang-barang diluar makanan seperti pakaian juga akan kena dampak musiman ini. (Ans)