Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

BPS: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I di Atas 6%

 

Jakarta, 29/04/2011 MoF (Fiscal) News - Kepala Badan Pusat Statistik Rusman Heriawan memrediksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal I tahun 2011 akan mencapai di atas angka 6%. Namun demikian,  BPS baru akan mengumumkan pertumbuhan ekonomi kuartal I pada 5 Mei mendatang. Demikian disampaikan Rusman saat ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta pada Kamis (28/04).

Rusman mengatakan, pertumbuhan ekonomi tersebut dapat mencapai 6,5% hingga 6,6%. “Saya setuju yang mengatakan pertumbuhan ekonomi kuartal I pasti enam persen. Cuma apakah 6,5 atau 6,6 ini masih dalam perhitungan. Dan itu akan kita umumkan resmi 5 Mei yang akan datang," kata Rusman.

Menurut Rusman, terdapat tiga faktor pendorong yang membuat ekonomi kuartal I dapat tumbuh di atas enam persen. “Pertama, kita memotret konsumsi masyarakat yang masih kuat,” ujarnya. Yang kedua yaitu investasi. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) juga telah menyatakan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) porsinya meningkat. Ketiga, sisi ekspor yang juga mengalami peningkatan. "Ekspor kita juga masih bagus. Memang ada persoalan dengan China, tapi kita tidak fokus ke sana, tapi kinerja ekspor secara keseluruhan baik," tukas Rusman.

Terkait pengeluaran pemerintah, Rusman berharap ada penurunan angka yang signifikan. "Kalau dulu 2010 menyumbang delapan persen, mudah-mudahan tahun ini minimal, walaupun tidak signifikan mendorong pertumbuhan ekonomi," pungkasnya.(sgd)