Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Buka Musrenbang, Presiden Instruksikan Penajaman Prioritas

Jakarta, 27/04/2017 Kemenkeu - Presiden Joko Widodo meminta Kementerian/Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah mempertajam prioritas dalam merencanakan anggaran pada pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembanggunan Nasional (Musrenbangnas) tahun 2017 di Aula Bidakara Jakarta, Rabu (26/17).

“Saya ingin ingatkan, kita bertahun-tahun tidak pernah fokus, perencanaan tidak fokus dan tidak memilki prioritas yang jelas. Oleh sebab itu, saya ingatkan baik di Kementerian/Lembaga, provinsi, kabupaten dan kota, berilah prioritas apa yang ingin dikerjakan,” tegas Presiden mengawali arahannya.

Presiden Jokowi menjelaskan, prioritas dapat lebih fokus dilaksanakan jika ditetapkan dibawah tiga sampai maksimal lima. Presiden mencontohkan, prioritas pemerintah saat ini adalah kepada infrastruktur dan investasi. Dengan demikian, uang belanja seharusnya sebagian besar diarahkan kesana. Hal ini juga untuk mengurangi kebiasaan mengulang kegiatan yang tidak perlu.

Presiden Jokowi juga mengingatkan lemahnya konsolidasi antara pusat dan daerah, serta antar daerah. Hal ini terlihat dari pengamatannya di lapangan dalam kunjungannya ke daerah selama ini. “Artinya tidak ada konsolidasi dan integrasi antara pusat dan daerah, orientasinya hanya proyek, tidak menghasilkan output dan outcome, maka pertajam prioritas, semakin sedikit semakin baik” imbuhnya. (lwp/nr)