Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Buka Musrenbangnas 2014, Presiden Apresiasi Pemerintah Pusat dan Daerah

Jakarta, 30/04/2014 MoF (Fiscal) News - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2014  pada Rabu (30/4) di Hotel Bidakara, Jakarta. Musrenbangnas kali ini mengusung tema "Melanjutkan Reformasi Bagi Percepatan Pembangunan Ekonomi yang Berkeadilan".

Dalam pidato pembukaannya, Presiden mengatakan, kondisi Indonesia selama 10 tahun terakhir telah banyak mengalami kemajuan, meski berbagai perbaikan juga masih diperlukan. Menurutnya, saat ini Indonesia termasuk salah satu negara dengan ekonomi besar di dunia."Kita saat ini nomor 16. Anggota G20 pertumbuhan ekonomi kita tertinggi kedua setelah Tiongkok, dan kita memiliki prospek yang baik," katanya.  

Presiden menilai, capaian tersebut merupakan hasil kerja keras dan upaya bersama dari seluruh elemen bangsa bersama dengan pemerintah. "Kondisi ini patut kita syukuri," katanya. Oleh karena itu, Presiden mengapresiasi berbagai upaya yang telah dilakukan baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah di seluruh Indonesia. "Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas semua yang telah Saudara lakukan. Saya tahu tantangannya besar dan permasalahannya sering kompleks, tetapi Saudara terus berusaha bekerja sekuat tenaga," jelasnya.

Terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Presiden juga mengatakan telah terjadi peningkatan signifikan pada nilai APBN dalam beberapa tahun terakhir. "Kalau kita tengok anggaran dan belanja negara, Alhamdulillah telah meningkat empat kali lipat," ungkapnya.(ak)