Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Cadangan Devisa Indonesia Akhir September Mencapai USD101,7 Miliar

Jakarta, 09/10/2015 Kemenkeu - Hingga akhir September 2015, posisi cadangan devisa Indonesia mencapai USD101,7 miliar. Angka ini turun dibandingkan posisi cadangan devisa akhir Agustus 2015 yang sebesar USD105,3 miliar. Dari data yang dilansir melalui laman Bank Indonesia (BI) pada Jumat (09/10), perkembangan tersebut disebabkan oleh penggunaan cadangan devisa dalam rangka pembayaran utang luar negeri Pemerintah dan dalam rangka stabilisasi nilai tukar Rupiah.


“Hal tersebut sejalan dengan komitmen Bank Indonesia yang telah dan akan terus berada di pasar untuk melakukan upaya stabilisasi nilai tukar Rupiah sesuai dengan fundamentalnya guna mendukung terjaganya stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” jelas Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara.


Dengan perkembangan tersebut, posisi cadangan devisa per akhir September 2015 masih cukup untuk membiayai 7,0 bulan impor atau 6,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan. (as)