Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Cadangan Devisa RI Meningkat 2,4 Miliar Dolar AS




Jakarta, 09/01/2014 MoF (Fiscal) News – Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Desember 2013 tercatat mencapai 99,4 miliar dolar AS. Demikian disampaikan Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Peter Jacobs pada Rabu (8/1).

Menurut Peter, angka cadangan devisa tersebut mengalami peningkatan sebesar 2,4 miliar dolar AS jika dibandingkan dengan posisi akhir November 2013 yang sebesar 97,0 miliar dolar AS. "Pada level tersebut, cadangan devisa dapat membiayai 5,6 bulan impor atau 5,4 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional," ungkapnya.

Pihaknya menambahkan, bank sentral memandang akumulasi cadangan devisa tersebut akan semakin memperkuat ketahanan sektor eksternal. Menurutnya, meningkatnya jumlah cadangan devisa tersebut tidak terlepas dari respons kebijakan BI untuk terus mengendalikan defisit transaksi berjalan semakin menurun ke tingkat yang lebih sehat dan berkesinambungan, serta menjaga stabilitas nilai rupiah sesuai dengan kondisi fundamentalnya.(ak)