Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

CEISA Permudah Sistem Pelayanan DJBC


Jakarta, 08/02/2012 MoF (Fiscal) News - Penerapan Sentralisasi Sistem Pelayanan dan Pengawasan atau Customs-Excise Information System and Automation (CEISA) akan mempermudah sistem layanan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC). Demikian disampaikan Direktur Informasi Kepabeanan dan Cukai Susiwijono saat menggelar konferensi pers di Kantor Pusat DJBC, Jakarta pada Rabu (8/2).

Dengan adanya CEISA, jelas Susiwijono, seluruh sistem pelayanan DJBC akan termonitor, transparan dan tersedia secara real-time 7x24 jam untuk mendukung layanan terintegrasi nasional. "Semuanya dapat dilihat secara real-time dan transparan melalui sistem ini, jadi kita tidak perlu menelpon ke kantor di seluruh Indonesia," ujar Susiwijono. Ia menambahkan, dalam hal ini sistem National Single Window (NSW) dan portal pertukaran data lainnya akan dapat diterapkan secara penuh secara nasional (nation-wide).

Selain itu, sumber data ekspor-impor untuk statistik nasional (Bank Indonesia dan Badan Pusat Statistik) dapat ter-cover secara nasional, sehingga menjamin integritas, validitas dan akurasi data. Selain itu, balancing antara fungsi pelayanan dan pengawasan akan dapat dilakukan secara efektif dengan sistem profiling yang lengkap dan risk management yang andal. Dengan demikian, perlakuan pelayanan kepabeanan akan menjadi sama (equal-treatment) di semua kantor DJBC di seluruh Indonesia, sehingga akan memberikan kepastian hukum dan kepastian usaha bagi seluruh pelaku usaha ekspor-impor.(sgd)