Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Customs of Timor Leste Kunjungi DJBC untuk Benahi Kepabenannya

Jakarta, 07/11/2016 Kemenkeu - Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi menerima kunjungan Director General of Customs Timor Leste Jose Antonio Fatima Abilio yang datang ke Jakarta, untuk bertukar pengalaman mengenai sistem dan prosedur kepabeanan di Indonesia. Dalam kunjungannya, Abilio menyebutkan bahwa Customs of Timor Leste tengah berbenah untuk melakukan reformasi kepabeanan.

Di kesempatan tersebut, Heru menyambut baik keinginan Customs of Timor Leste yang ingin mengadakan perlatihan bagi Anak Buah Kapal dan Nakhoda untuk pengawasan pantai dan laut di wilayah Timor Leste. Ke depannya, Heru juga mendukung akan diadakannya patroli bersama antara kedua negara, untuk memperketat pengawasan laut di wilayah Nusa Tenggara dan Timor Leste.

Seperti dikutip melalui laman Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, dalam pertemuan tersebut, disepakati pula bahwa nantinya akan disusun suatu mekanisme antara kedua negara dalam mengedepankan pengawasan dan pertukaran data untuk kemajuan instansi di kedua negara.

Sebagai informasi, sebelumnya, rombongan Customs of Timor Leste telah berkunjung ke Kantor Bea Cukai Tanjung Priok dan Kantor Bea Cukai Bekasi, untuk melakukan benchmark terhadap sisdur kepabeanan yang ada di Tanjung Priok dan Bekasi. Ini selaras dengan tujuan Customs of Timor Leste untuk belajar mengenai pembangunan sistem dan prosedur, sarana dan prasarana dan sistem kepabeanan di Indonesia. (as)