Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Dalam FGD TEPRA, Bupati dan Walikota Diskusikan Arahan Presiden

Makassar, 30/09/2016 Kemenkeu - Hari ini, Jumat (30/09), Focus Group Discussion (FGD) Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) yang mengundang pimpinan pemerintah kota/kabupaten kembali berlangsung di Makassar.

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo sebagai moderator FGD mengatakan, acara ini dapat menjadi media antara pemerintah pusat dan daerah untuk saling berdiskusi, terutama terkait arahan Presiden Joko Widodo agar pengelolaan anggaran untuk kesejahteraan masyarakat lebih baik.

"Di setiap sesi, kita ingin menggali apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah daerah. Kita ingin mendapatkan masukan setiap bupati dan walikota untuk sampaikan apa yang sudah diminta Presiden, terjemahannya apa," jelasnya.

Salah satu masukan diberikan oleh Bupati Bone Bolango, sebuah kabupaten yang 65 persen wilayahnya adalah Taman Nasional. "Kami meminta adanya DAK (Dana Alokasi Khusus) untuk pengelola Taman Nasional," katanya.

Kemarin, FGD TEPRA yang dihadiri oleh pimpinan pemerintah provinsi telah berlangsung, dan dihadiri antara lain oleh Gubernur Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah. Sebelumnya, FGD serupa juga sudah dilakukan di Yogyakarta dan Jawa Timur. Wamenkeu berharap, para bupati atau walikota ini dapat saling berbagi best practices sesuai kabupaten atau kota masing-masing, yang tentu saja memiliki karakteristik tersendiri.(as)