Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Dalam Tiga Bulan, Amnesti Pajak Tuai Berbagai Capaian Positif

Jakarta, 10/10/2016 Kemenkeu - Sejak pertama kali diluncurkan pada Juli 2016, program Amnesti Pajak telah menunjukkan berbagai capaian positif. Selain meningkatkan reliabilitas database wajib pajak, program ini ternyata juga telah membuktikan adanya peningkatan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

“Dengan program tax amnesty, banyak yang ikut declare. Banyak yang membantu meningkatkan reliability database, sehingga perencanaan penganggaran kita lebih kredibel,” jelas Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto dalam Forum Silaturahmi Sekretaris Jenderal Kementerian/Lembaga di Aula Djuanda Kementerian Keuangan, Jakarta pada Jumat (07/10).

Lebih lanjut ia menerangkan, melalui program ini, pemerintah berharap roda perekonomian nasional dapat berputar dengan lebih baik. Terlebih, hingga saat ini, deklarasi harta yang telah dilakukan oleh peserta Amnesti Pajak telah mencapai hampir Rp4.000 triliun. Ia berharap, aset tersebut dapat dikelola dalam berbagai instrumen investasi yang baik, yang telah disiapkan oleh pemerintah.

Selain itu, melalui program ini, pemerintah juga memperoleh tambahan pemasukan dari uang tebusan. Dengan demikian, berbagai program pemerintah yang selama ini tertunda karena keterbatasan dana dapat segera direalisasikan.
 
“Mudah-mudahan dengan Tax Amnesty, penerimaan dapat meningkat, tidak ada lagi pemotongan atau penundaan (anggaran) atau self blocking,” tambahnya.