Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Dana Ilmu Pengetahuan Indonesia Resmi Diluncurkan

Jakarta, 30/03/2016 Kemenkeu - Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro secara resmi meluncurkan Dana Ilmu Pengetahuan Indonesia (DIPI) di Aula Djuanda I Kementerian Keuangan, Jakarta pada Rabu (30/03). Peluncuran ini dilakukan bersama dengan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi.

Menkeu mengapresiasi inisiatif pembentukan DIPI yang dilakukan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI). “Ini bisa jadi trigger kebangkitan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia,” katanya saat memberikan sambutan. Menkeu menambahkan, DIPI merupakan momentum penting dalam sejarah Indonesia karena menjadi bagian dari upaya membentuk kondisi ideal, bagi para periset dan ilmuwan di Indonesia.

“Kondisi yang ideal tersebut terjadi kala periset Indonesia bisa menghasilkan karya riset yang bermanfaat bagi peningkatan daya saing bangsa Indonesia, tanpa mengalami hambatan administratif dalam pendanaan riset,” ungkapnya. Sebagai informasi, DIPI adalah lembaga mandiri di bawah AIPI yang memberikan pendanaan bagi penelitian fundamental. DIPI dapat menjadi wadah yang membantu menciptakan ilmuwan dan teknokrat terbaik Indonesia. (as)