Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DATUK Padang, Inovasi KPKNL Padang

Jakarta, 19/09/2013 MoF (Fiscal) News - Rangkaian kegiatan penilaian Kantor Pelayanan Percontohan Kementerian Keuangan Tahun 2013 pada Kamis (19/9) berlangsung di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padang, Sumatera Barat.

Bertindak sebagai Tim Penilai yaitu Kepala Biro Perlengkapan Ilhamsyah, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan Provinsi Riau RM Wiwieng Handayaningsih dan Wakil Sekretaris Pengadilan Pajak M. Arief Setiawan. Acara dibuka oleh Tenaga Pengkaji Restrukturisasi, Privatisasi dan Efektivitas Kekayaan Negara Negara Teguh Wiyono.

Dalam paparannya, Kepala KPKNL Padang Surya Hadi memaparkan mengenai inovasi layanan unggulan yang diberikan oleh KPNKNL Padang kepada stakeholders. Inovasi layanan unggulan yang pertama adalah Tim Keliling Terpadu Pelayanan Kekayaan Negara (TKTPKN) yang dilakukan dengan ‘menjemput bola’, memberikan pelayanan langsung kepada pengguna jasa/stakeholders. Layanan ini menjadi penting karena lokasi stakeholders yang berjauhan, dan sulitnya komunikasi dan interaksi secara cepat, langsung dan tepat sasaran.

Kedua, inovasi layanan dalam pemanfaatan sarana teknologi informasi (TI), yaitu dengan meluncurkan aplikasi berbasis web dengan nama Data Akses Terpadu KPKNL Padang atau disingkat DATUK Padang yang menyajikan  data informasi mengenai semua layanan dari KPKNL Padang, visi-misi, Standard Operating Procedure (SOP) unggulan, serta dilengkapi dengan profil dari seluruh pegawai dari masing-masing seksi dan bidang kerjanya. Inovasi ini diharapkan dapat memberikan pelayanan yang berorientasi pada kepuasan pemangku kepentingan dengan cepat, mudah dan tanpa dipungut biaya.

Selain itu, KPKNL Padang juga menerapkan motto RANCAK (Ramah, Amanah, Nyaman, Cerdas, Akurat dan Kesempurnaan) kepada seluruh pegawai KPKNL Padang dalam bekerja dan melayani para pengguna jasa.

Usai paparan dari Kepala KPKNL Padang, acara dilanjutkan dengan tanya jawab tim penilai dengan jajaran KPKKNL Padang dan pengguna jasa, serta peninjauan lokasi fasilitas kantor. Acara ini sendiri dihadiri oleh tokoh masyarakat, pemerintah provinsi setempat dan perwakilan dari instansi-instansi terkait.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Ilhamsyah menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa Kepuasan masyarakat merupakan tolok ukur pelayanan yang diberikan oleh pemerintah. Pihaknya berharap, kegiatan penilaian ini dapat menjadi motivator untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. "Harapan dari penilaian ini adalah memberikan apresiasi kepada kantor pelayanan terkait, memotivasi aparatur untuk terus memperbaiki kinerja pelayanan, dan perbaikan pelayanan publik. Tentunya hal tersebut tidak hanya berhenti pada event ini saja, tapi akan menjadi habit pagi seluruh pegawai Kementerian Keuangan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” paparnya.(rsa)