Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Defisit Akhir Tahun Dijaga Maksimal 2,5 Persen

Jakarta, 09/11/2015 Kemenkeu - Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro yakin bahwa defisit anggaran masih dapat terkendali hingga akhir tahun. Perkiraan defisit maksimal adalah 2,5 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Menurutnya, ini melihat dari realisasi akhir Oktober, dimana posisi belanja mencapai Rp1.408 triliun sementara pendapatan mencapai Rp1.109 triliun.


“Kami yakin defisit masih bisa dikendalikan. Kami upayakan defisit di akhir tahun di seputaran 2,5 persen, tidak lebih," katanya saat konferensi pers, di Bogor akhir pekan lalu. Untuk menjaga defisit tersebut, pemerintah telah menerbitkan Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp314,8 triliun. Menurutnya, ia juga tetap memerhatikan potensi defisit di daerah, namun ia meyakini defisit daerah tidak akan terlalu berpengaruh besar.


Hingga akhir tahun, ia menyatakan bahwa masih akan terus berusaha memaksimalkan penerimaan pajak, serta usaha ekstra agar dapat mengumpulkan target tambahan minimal Rp50 triliun. "Rinciannya, reinveting policy minimal sebesar Rp30 triliun. Revaluasi aset minimum sebesar Rp10 triliun, penagihan pemeriksaan sebesar Rp5 triliun, dan ekstensifikasi sebesar Rp5 triliun," pungkasnya. (as)