Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan sambutan dalam acara kunjungan ke desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah karena pencapaian pemerintah desa Ponggok dalam memanfaatkan Dana Desa (23/08)

Desa Ponggok, Bukti Keberhasilan Dana Desa

Klaten, 24/08/2017 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melakukan kunjungan ke desa Ponggok dan merasa bangga akan pencapaian pemerintah desa Ponggok dalam memanfaatkan Dana Desa. Sejak menerima Dana Desa tahun 2015, desa Ponggok telah melakukan banyak pembangunan untuk memajukan desa, mulai dari pembangunan infrastruktur, pembangunan sanitasi dan penyediaan air bersih sampai dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

"Sore hari ini kita melihat bagaimana desa Ponggok bisa membangun dirinya. Melakukan upaya perbaikan kesejahteraan masyarakat di bawah kepemimpinan Bapak Juanedhi merupakan suatu prestasi yang sangat sangat sangat membanggakan. Saya berterima kasih," ujar Menkeu di gedung Banyu Panguripan, Desa Ponggok pada Rabu (22/08).

Pemerintah telah memberikan Dana Desa selama tiga tahun. Desa Ponggok adalah contoh desa yang mampu mengelola dan mengimplementasikan Dana Desa dengan sangat baik. Jika seluruh desa di Indonesia mampu melakukannya, maka tidak akan ada kemiskinan lagi. Ketimpangan juga semakin kecil sehingga semua lapisan masyarakat dapat merasakan pertumbuhan ekonomi.

Selanjutnya, Menkeu menjelaskan bahwa Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) sedang memformulasikan besaran jumlah Dana Desa yang ditransfer ke tiap desa. Dengan formulasi ini, desa yang sudah mandiri akan menerima jumlah yang lebih kecil dibanding desa yang masih belum maju agar dapat cepat mengejar ketertinggalannya.

Menteri Keuangan bersama Menteri Dalam Negeri, Menteri Badan Perencanaan Nasional (Bappenas), dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes) akan terus mengevaluasi Dana Desa agar dana ini dapat dimanfaatkan dengan tepat guna dalam mengentaskan kemiskinan dan kesenjangan sehingga dapat tercipta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Terakhir, keberhasilan pembangunan adalah keberhasilan kita semua, pemerintah di bawah Jokowi-JK, akan menggunakan daya dan instrumen dalam meningkatkan kesejahteraan. Kalau rakyat bekerja bersama secara rukun, maka saya yakin Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera bisa tercapai," tutupnya. (ma/nr)