Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Di 2017, Belanja Infrastuktur Ditambah

Jakarta, 20/04/2016 Kemenkeu - Di tahun 2017, salah satu sasaran belanja negara adalah penambahan belanja infrastruktur. Ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo terkait percepatan pembangunan infrastruktur. Menurut Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, untuk percepatan infrastruktur, dibutuhkan reformasi anggaran agar dapat mencapai pembiayaan infrastruktur yang efektif.


“Untuk pembiayaan infrastruktur, saat ini Kementerian Keuangan dan Bappenas tengah bersama-sama membahas kapasitas fiskal,” katanya saat menyampaikan paparan terkait “Kemampuan Fiskal dalam Kerangka Ekonomi” dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2016 di Jakarta, Rabu (20/04).


Selain itu, sumber pembiayaan juga berasal dari pendapatan negara yang dioptimalkan melalui perpajakan dan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP). “Arah Kebijakan Fiskal 2017 adalah pendapatan negara dengan mengoptimalkan tax ratio, perluasan tax base, serta peningkatan PNBP,” tambahnya.


Sebagai informasi, Musrenbangnas akan berlangsung dari 20 April - 4 Mei. Musrenbangnas akan membahas rencana kerja pemerintah sebagai agenda prioritas, yang dibahas bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Target Musrenbangnas adalah untuk menghasilkan rencana pembangunan untuk memacu infrastruktur dan ekonomi, yang nantinya dapat meningkatkan kesempatan kerja, dalam rangka menghadapi persaingan pasar bebas pada program Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). (as)