Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Di Forum G20, Menkeu Bahas Perkembangan Ekonomi Global Terkini

Jakarta, 12/10/2016 Kemenkeu - Dalam rangkaian pertemuan tahunan Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) di Washington, D.C., Amerika Serikat pada 4-9 Oktober 2016 lalu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga menghadiri pertemuan dengan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara-negara anggota G20. Pertemuan tersebut membahas perkembangan ekonomi global terkini, terutama terkait ketidakpastian ekonomi dan proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia 2017.

“Pertemuan tersebut membahas perkembangan ekonomi terakhir, bagaimana menghadapi risiko pertumbuhan ekonomi dunia, yang disorot adalah lemahnya pertumbuhan ekonomi dunia,” jelas Menkeu dalam konferensi pers di Aula Djuanda Kementerian Keuangan, Jakarta pada Rabu (12/10).

Seperti diketahui, proyeksi pertumbuhan ekonomi global tahun 2016 diprediksi berada di kisaran 2,4 hingga 3,1 persen. Sementara, untuk tahun 2017 diproyeksi pada kisaran 2,8 hingga 3,4 persen. Hal tersebut antara lain dipengaruhi oleh masih rendahnya harga komoditas global, selain faktor inflasi dan tingkat suku bunga global.

Ia menambahkan, dalam pertemuan tersebut, Bank Sentral Amerika Serikat, Federal Reserve juga mengindikasikan adanya penaikan suku bunga pada tahun depan, yang perlu diantisipasi oleh negara-negara di dunia, khususnya negara berkembang.

“Pernyataan Janet Yellen (Ketua Dewan Gubernur Federal Reserve) mengenai prospek kebijakan Federal Reserve untuk tahun ini dan tahun depan, dengan mengindikasikan bahwa data dari pertumbuhan ekonominya, serta terutama dari sisi lapangan kerjanya, cukup memberikan suatu indikasi yang kemungkinan akan terjadi kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve,” jelasnya.(nv)