Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Digitalisasi Jadi Bagian Kerjasama dengan Afrika

Jakarta, 10/07/2017 Kemenkeu – Presiden Jokowi meyakini teknologi digital akan semakin mengubah dan mendominasi kegiatan ekonomi. “Indonesia mendukung kerja sama yang semakin erat untuk merumuskan kebijakan yang tepat dalam mengantisipasi perubahan ekonomi, bisnis, dan tenaga kerja akibat perubahan teknologi otomatisasi dan artificial intelligent,” kata Presiden Jokowi dalam Leaders’ Retreat KTT G20, di Hamburg Messe, Hamburg, Jerman, Sabtu (08/07) siang. Ia menambahkan, dirinya juga mendorong kerja sama perpajakan untuk menangani digital ekonomi dan e-commerce agar tercipta sistem pajak global yang adil.

Dikutip dari situs Sekretariat Kabinet, Presiden mendukung dikembangkannya fasilitas keuangan dan asuransi untuk negara-negara berkembang dalam menghadapi bahaya pandemik. “Indonesia mendorong kerja sama yang semakin erat antara WHO dan World Bank untuk menghindari ancaman pandemik yang dapat menghancurkan ekonomi dan menciptakan krisis kemanusiaan,” ujar Presiden.

Indonesia telah bersama dengan Afrika sejak awal memperjuangkan kemerdekaan dan kesetaraan di antara negara dunia melalui Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955. Karena itu, lanjut Presiden Jokowi, Indonesia mendukung pengembangan kemitraan yang sejajar antara negara G20 dengan Afrika. (nr/rsa)