Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Siap Bantu PBB-P2 Muara Enim

Jakarta 24/4/2013 MoF (Fiscal) News – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) siap membantu pelaksanaan Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Kabupaten Muara Enim.

 
Direktur Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD) DJPK Rukijo pada Selasa (23/4) menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim memiliki peluang untuk dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pendapatan dari PBB-P2. Upaya peningkatan PAD dari PBB-P2 tersebut dapat diupayakan melalui validasi objek, sehingga peningkatan PAD Kabupaten Muara Enim yang saat ini naik sekitar tujuh persen per tahun dapat meningkat menjadi sepuluh persen setiap tahunnya.
 
Sementara itu, untuk membantu menyukseskan PBB-P2 di kabupaten Muara Enim, Pemerintah Pusat akan melakukan kegiatan-kegiatan dukungan, seperti pengiriman pegawai magang di Kemenkeu melalui proses pembelajaran, hingga lulus jenjang kualifikasi sesuai kemampuan setara dengan diploma satu (D1). “Melalui proses magang ini, diharapkan akan menghasilkan sumber daya manusia  yang mumpuni di bidangnya, sehingga nantinya tidak perlu lagi menggunakan tenaga konsultan,” jelas Rukijo.(nic)