Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Dirjen Kekayaan Negara Tetapkan Peruntukan Netbook BMN Eks Kepabeanan dan Cukai

Jakarta, 12/03/2014 MoF (Fiscal) News - Direktur Jenderal Kekayaan Negara atas nama Menteri Keuangan menetapkan peruntukan 867 unit netbook yang merupakan Barang Milik Negara (BMN) Eks Kepabeanan dan Cukai kepada 7 kementerian/lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah. Total estimasi nilai BMN tersebut mencapai Rp1.394.314.701,60.


Ketujuh (K/L) tersebut yaitu Kementerian Keuangan, Badan Intelijen Negara, Kejaksaan Agung, Mahkamah Agung, Kementerian Hukum dan HAM, Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Kementerian Pertahanan. Selain itu, Dirjen Kekayaan Negara juga menetapkan persetujuan hibah kepada Pemerintah Kota Batam cq. Dinas Perindustrian Perdagangan Energi dan Sumber Daya Mineral Kota Batam.


Penetapan peruntukan BMN ini sendiri merupakan tindak lanjut dari proses pengelolaan BMN Eks Kepabeanan dan Cukai yang mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 240/PMK.06/2012. “Penetapan status penggunaan dan persetujuan hibah terhadap BMN Eks Kepabeanan dan Cukai tersebut merupakan perwujudan dari prinsip-prinsip pengelolaan BMN, yaitu prinsip fungsional, kepastian hukum, transparansi, efisiensi, akuntabilitas, dan kepastian nilai,” papar Dirjen Kekayaan Negara dalam keterangan resminya pada Selasa  (11/3).


Peruntukan ini sendiri bermula dari adanya tegahan terhadap barang impor yang dilakukan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Khusus Kepulauan Riau berupa netbook berbagai merk dalam kondisi baik dan masih tersegel. Dengan spesifikasi terkini, netbook tersebut masih sangat layak digunakan.(wa)