Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Dirjen Pajak Tekankan Pentingnya Edukasi Perpajakan

Jakarta, 23/09/2013 MoF (Fiscal) News - Kesadaran masyarakat Indonesia untuk membayar pajak hingga saat ini masih rendah. Oleh karena itu, masyarakat harus mengetahui pentingnya membayar pajak. Demikian disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Fuad Rahmany saat menghadiri  seminar perpajakan di Jakarta, Senin (23/9).

Fuad menilai, sosialisasi kewajiban membayar pajak perlu dilakukan agar pemahaman tentang kewajiban membayar pajak semakin banyak diketahui oleh masyarakat dari berbagai kalangan. "Kita perlu banyak proses seperti ini (seminar perpajakan) sebagai sarana sosialisasi dan edukasi bagi banyak pihak dan warga negara," jelas Fuad dalam sambutannya.

Pernyataan Fuad tersebut mengacu pada masih minimnya perkembangan jumlah Wajib Pajak (WP), baik pribadi maupun perusahaan yang membayar pajak. Menurunya, hingga saat ini masih terdapat 70 persen dari jumlah WP atau sekitar 40 jutaan orang pribadi yang belum membayar pajak. Selain itu, dari sekitar 6 jutaan perusahaan yang sudah menghasilkan laba, baru sekitar 500 ribu perusahaan yang membayarkan kewajiban pajaknya. "Ini seharusnya bisa 6 juta perusahaan yang bayar pajak, tapi sekarang baru 520 ribu yang bayar. Sedangkan wajib pajak pribadinya baru sekitar 30 persen yang bayar pajak," ungkapnya.(ak)