Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Ditjen PBN Bersama BI Operasikan Treasury Dealing Room

Jakarta, 17/12/2015 Kemenkeu – Direktorat Jenderal Perbendaharaan (PBN) melakukan Perjanjian Kerja Sama Operasionalisasi Treasury Dealing Room dan Perjanjian Kerjasama Penyaluran Dana APBN melalui Bank Umum dalam rangka Implementasi SPAN. Acara ini berlangsung di Gedung Yusuf Anwar Kementerian Keuangan, pada Kamis (18/12).


Menurut Direktur Jenderal Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono, dalam pengelolaan perbendaharaan Bendahara Umum Negara (BUN) memiliki kebijakan untuk mengelola likuiditas yang masih tersisa pada kas negara. “Kerja sama ini merupakan output dari kerja sama yang luar biasa dengan Bank Indonesia (BI), sehingga nanti kita melakukan kerja sama untuk operasionalisasi treasury dealing room,” jelasnya saat memberikan sambutan.


Perjanjian kerja sama ini berisi kesepakatan antara Menteri Keuangan sebagai BUN dengan Gubernur BI, bahwa pemerintah akan melakukan penempatan uang di bank umum sebesar Rp5 triliun dalam periode yang disepakati, yaitu selama 5 tahun. “Ini semata-mata bagian dari kebijakan pengelolaan likuiditas yang ada. Sisanya tetap kita simpan dengan aman di rekening kas negara di BI,” katanya.


Selanjutnya, akan disusun kemitraan dengan bank BUMN sebagai legal basis uji coba operasionalisasi penempatan uang negara di bank umum, melalui treasury dealing room. “Perjanjian ini merupakan pencapaian yang luar biasa sekaligus breakthrough dalam perjalanan kas pemerintahan,” ungkap Marwanto. (as)