Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Ditjen PBN Luncurkan Website Statistik Keuangan Pemerintah

Jakarta, 06/01/2016 Kemenkeu -Direktorat Jenderal Perbendaharaan meluncurkan website Government Financial Statistic (GFS), sebagai salah satu capaian quick win. GFS menjadi perwujudan keterbukaan dan transparansi informasi publik, bukan hanya sekedar menyajikan laporan keuangan konsolidasi semata.. Melalui GFS, data yang ada diharapkan dapat digunakan secara luas.


“Dengan ekspose terbuka melalui website, data GFS dapat digunakan secara luas oleh pengguna layanan, analis, dan akademisi baik tingkat pusat maupun daerah,” kata Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, Ditjen PBN Firmansyah, saat peluncuran pekan lalu (30/12).


GFS memiliki keunggulan yaitu menyatukan laporan keuangan pemerintah pusat dan daerah yang secara teknis memiliki standard akuntansi dan pelaporan yang belum seragam. Hal ini menimbulkan permasalahan tersendiri bagi publikasi data GFS yang komprehensif dan terpadu. “Sudah 11 tahun sejak paket UU Keuangan Negara, kita coba susun. Sejak 2007 sudah dicoba membuat laporan konsolidasian. Upaya (ini) tidak sia-sia, semenjak 2007 sudah 8 kali laporan GFS dibuat, disampaikan via website DJPB, dan sekarang memiliki website sendiri,” jelasnya.


Ke depan, GFS diharapakan dapat lebih menggambarkan posisi aset dan kewajiban pemerintah secara keseluruhan. “Data sudah ada baik pusat dan daerah. Data tersebut bisa dilihat untuk bahan pengambilan keputusan / interfensi baik tingkat pusat maupun daerah,” tambahnya. (as)

 

Informasi Selengkapnya: Unduh Publikasi Data GFS http://www.gfs.djpbn.kemenkeu.go.id/.