Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJA Selenggarakan Bimtek BA-BUN

Jakarta, 13/11/2015 Kemenkeu - Direktorat Jenderal Anggaran menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penganggaran Bendahara Umum Negara tahun 2015. Bimtek ini terselenggara untuk meningkatkan pemahaman Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pembantu Pengguna Anggara (PPA) dan APIP Kementerian/Lembaga dalam perencanaan dan penganggaran BA BUN.


Peran strategis dari Bagian Anggaran BUN dapat dilihat dalam postur APBN dimana BA BUN bersentuhan dengan belanja (terdiri dari belanja pemerintah pusat dan transfer ke daerah) maupun pembiayaan. Sementara BA K/L yang hanya bersentuhan dengan belanja. Pada APBN 2016, angka yang dikelola oleh BA BUN hampir mencapai 2 kali lipat dari belanja K/L. Oleh karena itu, risikonya jauh lebih besar pula.


Direktur Anggaran III DJA Dwi Pujiastuti Handayani berharap pihak-pihak yang terkait dengan pengelolaan BA BUN agar dapat bersinergi, untuk meningkatkan kualitas perencanaan dan penganggaran BA BUN. “Pihak-pihak yang mengelola BUN bisa saling share, kerja sama, serta memberikan masukan dan memahami kapan memulai komunikasi dan mengerti apa yang menjadi tanggung jawab masing-masing,” tegasnya saat pembukaan Bimtek di Jakarta pada Rabu (11/11).


Dalam Bimtek ini, disampaikan pula penggunaan aplikasi BUN, dengan harapan, BA BUN dapat diselesaikan melalui aplikasi sehingga mempermudah sinergi sehingga dapat meningkatkan kualitas perencanaan dan penganggaran BA BUN sehingga pengelolaan APBN ke depan menjadi lebih baik. (as)