Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJA Selenggarakan Lokakarya Tentang Jaminan Sosial

Jakarta, 07/03/2017 Kemenkeu - Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) menyelenggarakan lokakarya yang bertemakan “Efektifitas Program Jaminan Sosial Pemerintah di Negara-Negara Asia yang Sedang Berkembang”. Saat pembukaan, Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan bahwa tujuan dari jaminan sosial adalah kesejahteraan untuk semua orang.
"Sehingga akan ideal untuk memiliki strategi perlindungan nasional yang koheren terkait dengan kebijakan ketenagakerjaan, untuk mencapai masyarakat yang lebih inklusif," kata Askolani saat acara yang berlangsung di Gedung Sutikno Slamet Kementerian Keuangan pada Selasa (07/02).


Dengan tujuan untuk menciptakan ekonomi ke arah pembangunan yang lebih berkelanjutan, lanjut Askolani, perluasan perlindungan sosial dapat dilihat sebagai investasi untuk menciptakan tenaga kerja yang lebih terjamin kesehatannya, lebih baik tingkat pendidikannya dan lebih terampil.


Kerangka perlindungan sosial yang komprehensif harus lebih efektif dan bermanfaat dalam pemerataan pertumbuhan. "Program perlindungan sosial memiliki sifat redistribusi yang penting untuk pertumbuhan yang inklusif, membantu untuk memperbesar ruang fiskal, memperluas basis pendapatan, dan memfasilitasi penguatan administrasi publik," jelasnya.


Diakhir sambutan, Askolani berharap forum ini dapat memberikan hasil untuk mengurangi inefisiensi dalam proses pembuatan kebijakan. Ke depannya diharapkan adanya peningkatan efektivitas dan efisiensi proses penyusunan penganggaran dengan belajar dari pengalaman negara lain. Acara ini sendiri akan berlangsung dari 07 hingga 09 Maret 2017. (hi/as)