Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJA Sosialisasikan Pokok-Pokok Kebijakan Penganggaran ke K/L dan APIP

Jakarta, 15/02/2016 Kemenkeu - Direktorat Jenderal Anggaran menggelar Sosialisasi Pokok-pokok Kebijakan Anggaran kepada kementerian/lembaga (K/L) dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) pada Jumat (12/2) di Auditorium Gedung Dhanapala. Sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka mempercepat pelaksanaan anggaran untuk meningkatkan peran pemerintah dalam menstimulasi pertumbuhan ekonomi.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Anggaran Askolani menyampaikan pentingnya evaluasi untuk pengelolaan anggaran yang lebih baik pada tahun 2016 ini. “Penting bagi kita untuk mengevaluasi apa yang telah dilakukan di 2015 agar pengelolaan anggaran yang lebih baik di tahun 2016, seperti diamanatkan oleh Presiden,” ungkapnya sebagaimana dikutip dari laman resmi DJA.

Sosialisasi ini sendiri dihadiri sekitar 600 peserta perwakilan dari K/L dan APIP dengan menghadirkan empat narasumber. Keempat narasumber tersebut menyampaikan pemaparan mengenai peraturan-peraturan yang menjadi landasan bagi pemangku kepentingan dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Pemaparan pertama disampaikan oleh Kasubdit Transformasi Sistem Penganggaran, Direktorat Sistem Penganggaran Yonathan Setianto Hadi. Pada kesempatan ini, ia menyampaikan mengenai pokok-pokok kebijakan penganggaran; Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tentang Petunjuk Penyusunan dan Penelaahan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-K/L) dan Pengesahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA); PMK tentang Tata Cara Pengajuan Persetujuan Kontrak Tahun Jamak dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah kepada Menteri Keuangan; PMK tentang Tata Cara Perencanaan, Penelaahan dan Penetapan Alokasi Anggaran Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BUN) dan Pengesahan DIPA BUN; serta PMK tentang Revisi Anggaran TA 2016. Selain itu, ia juga menyampaikan mengenai peran APIP dalam proses revisi anggaran.

Pemaparan kedua disampaikan oleh Kasubdit Standar Biaya, Direktorat Sistem Penganggaran Langgeng Suwito. Pada kesempatan tersebut, ia memaparkan mengenai kebijakan Standar Biaya (SB) untuk tahun anggaran 2017, yang meliputi Standar Biaya Masukan  (SBm) tahun anggaran 2017, Standar Biaya Keluaran (SBK) tahun anggaran 2017, Standar Struktur Biaya (SSB) dan Indeksasi, serta biaya operasional/biaya pendukung pengadaan tanah untuk kepentingan umum.

Pemaparan ketiga disampaikan oleh Kasubdit Evaluasi Kinerja Penganggaran Direktorat Sistem Penganggaran Dendy Koska. Ia menyampaikan mengenai penguatan monitoring kinerja penganggaran, yang dilakukan melalui pengukuran dan evaluasi kinerja atas pelaksanaan RKA-K/L serta tata cara pemberian penghargaan dan pengenaan sanksi atas pelaksanaan anggaran belanja K/L.

Paparan terakhir disampaikan Kepala Seksi Pengembangan Sistem Informasi Penganggaran , Direktorat Sistem Penganggaran Dody Triwibowo. Ia  memaparkan mengenai dukungan aplikasi sistem penganggaran, baik aplikasi internal DJA maupun aplikasi eksternal DJA.(nv)