Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJBC Berhentikan Semetara Pejabat yang Tersandung Kasus Korupsi

Jakarta, 01/11/2013 Mof (Fiscal) News –  Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) memberhentikan sementara Heru Sulastyono (HS), seorang Pejabat Eselon III DJBC. HS ditangkap oleh Bareskrim Polri pada hari Selasa (19/10) lalu karena diduga terlibat kasus suap dan pencucian uang. “Yang bersangkutan sudah diambil tindakan pemberhentian sementara sesuai PP 04 tahun 1966. Sejak kami mendapat informasi kamu sudah menunjuk Plh (Pelaksana Harian) Kasubdit Eskpor Direktorat Teknis Kepabeanan,” kata Kepala Pusat Kepatuhan Internal DJBC Oentarto Wibowo, di Jakarta, Jumat (1/11).

Selain memberhentikan HS, pihak DJBC juga menyerahkan proses hukum kepada pihak kepolisian. “Kami menyerahkan proses hukum pada pihak kepolisian, kami juga bekerja sama dengan kepolisian dan jajaran internal Kementerian Keuangan,” tuturnya.

Seperti diketahui, berdasarkan pemberitaan media, bahwa selain Heru, polisi juga menahan seorang pengusaha berinisial YA. YA adalah seorang pengusaha yang bergerak di bidang ekspor-impor. YA merupakan pemilik perusahaan PT TJU.

Penangkapan HS maupun YA dilakukan Selasa (29/10) dini hari di dua tempat yang terpisah. Dua pelaku diketahui bernama Heru Sulistyono (46) dan YA (47). Heru ditangkap sekitar pukul 01.00 WIB di kediamannya di Alam Sutra, Tangerang Kota. Sementara YA ditangkap pada pukul 05.00 WIB di Jl Aselih, Ciganjur, Jakarta Selatan. (nic)