Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJBC dan JCTB Tukar Pemahaman Tentang Rules of Origin

Jakarta, 13/03/2017  Kemenkeu - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) bersama Japan Customs and Tariff Bureau (JCTB) menyelenggarakan Workshop on Rules of Origin, pada 7-9 Maret 2017 di Auditorium Sabang, Kantor Pusat DJBC. Acara ini merupakan program di bawah Japan-Indonesia Customs Cooperation Program. Materi yang dibahas adalah sekitar penentuan kriteria asal barang yang dijadikan dasar untuk mendapatkan Preferential Tariff dari skema FTA.


Free Trade Agreement (FTA) adalah fasilitas yang diberikan oleh pemerintah, berdasarkan kerja sama antar negara–negara yang memilik hubungan diplomatik dengan Indonesia. Dengan adanya FTA, para pejabat di DJBC harus mengetahui ketentuan asal barang dalam mengidentifikasi barang impor yang diperiksa. Narasumber dari JTBC adalah Rules of Origin Officer Shinji Sugimoto yang juga menjelaskan mengenai global issue dari Rules of Origin, serta tantangan aplikasi tersebut di Jepang.


Melalui workshop ini, diharapkan semua peserta dapat menerapkan pengetahuan yang didapat dalam ruang lingkup pekerjaannya, agar proses keluar masuknya barang dari dan ke luar negeri bukan hanya jadi batasan perdagangan. Sebagai informasi, peserta workshop merupakan pejabat dan pegawai dari kantor-kantor vertikal DJBC dan dari Pusdiklat Bea dan Cukai, BPPK. (as/rsa)