Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJBC dan Kemendag Investigasi Kasus Impor Beras dari Vietnam



Jakarta, 29/01/2014 MoF (Fiscal) News - Kementerian Perdagangan (Kemendag) dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) serta pihak-pihak terkait lainnya akan bersama-sama melakukan investigasi terkait masuknya produk beras berjenis nonkhusus yang diimpor dari Vietnam. Hal tersebut diungkapkan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Khrisnamurti di Jakarta pada Rabu (29/1).

Pihaknya menyampaikan, Kemendag memang pernah mengeluarkan izin impor beras sekitar 16.832 ton yang diperuntukkan bagi beras khusus. Ketentuan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 06/M-DAG/PER/2/2012 tentang perubahan ketiga atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 12/M-DAG/PER/ 4/2008 tentang ketentuan impor dan ekspor beras. Yang dipermasalahkan saat ini yaitu adanya laporan beredarnya beras nonkhusus yang datang dari Vietnam.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Menteri Perdagangan juga mengungkapkan dukungannya kepada jajaran Bea Cukai Kemenkeu yang saat ini terus menindaklanjuti persoalan ini. "Saya mendukung langkah yang dilakukan Bea Cukai sekarang. Mereka melakukan pemeriksaan fisik, dan kami rasa itu merupakan langkah dan upaya yang baik," imbuhnya. Ia juga mendukung upaya Bea Cukai dalam lebih memperketat pengawasan impor beras.(ak)