Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJBC Denpasar Gagalkan Tiga Kali Usaha Penyelundupan Narkotika Via Pos

Denpasar, 25/01/2016 Kemenkeu - Dalam rentang waktu Juli 2015 hingga Januari 2016, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Denpasar berhasil menggagalkan tiga kali usaha penyelundupan narkotika melalui paket kiriman pos. Dari data yang dilansir oleh DJBC, penegahan narkotika pertama terjadi pada Senin (24/8/2015), dimana dari hasil analisis alat pendeteksi di kantor pos, petugas mencurigai barang kiriman paket pos dari India. Setelah dilaksanakan pemeriksaan fisik mendalam yang disaksikan oleh Petugas Kantor Pos, petugas mendapati 9 bungkus plastik berisi kristal bening dan disembunyikan pada bagian dalam adaptor/charger laptop. Kemudian, saat dilakukan pengujian dengan narcotest diketahui bahwa zat tersebut ialah narkotika jenis Methamphetamine (sabu-sabu) seberat 492,18 gram.

Pada kasus kedua pada Jumat (4/9/2015), petugas juga mengawali dari analisis alat pendeteksi barang atas kiriman paket pos yang berasal dari Australia dan dikirim Tanpa Nama Penerima. Dari hasil pemeriksaan fisik, petugas mendapati sebungkus plastik berisi barang berupa kristal berwarna kuning dan disembunyikan di dalam satu bungkus kopi. Berdasarkan hasil pengujian laboratorium, barang tersebut positif merupakan N,N-Dimethyltryptamine (DMT) yang merupakan turunan zat psikotropika seberat 0,42 gram.

Penegahan terakhir terjadi pada Kamis (7/1/2016) atas barang kiriman paket pos dari Spanyol dengan tujuan seorang warga negara Belanda. Petugas menemukan 2 buah botol kaca kecil berisi cairan berwarna hijau muda, 1 buah wadah krim keramik berisi cairan berwarna hijau gelap, dan 2 bungkus plastik klip kecil berisi biji dan daun kering berwarna hijau kecoklatan. Berdasarkan pengujian dengan menggunakan narcotest, ketiga jenis barang tersebut positif merupakan ganja dalam bentuk biji dan daun kering serta ekstrak seberat 224 gram. Penindakan ini menjadi wujud komitmen DJBC untuk memerangi penyelundupan narkotika, demi menjaga keselamatan generasi muda Indonesia.(as)