Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJBC Gagalkan Ekspor Ilegal Sirip Hiu dan Bibit Lobster

Jakarta, 26/10/2015 Kemenkeu - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) Juanda berhasil mengagalkan kegiatan ekspor ilegal, yaitu sirip hiu dan bibit lobster. “Ada beberapa komoditi perikanan kita tidak boleh diekspor. Ini ada sirip hiu martil besar sebanyak 4.524 kilogram. Ini sama sekali tidak boleh diekspor,” jelas Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro saat konferensi pers penangkapan di Surabaya, akhir pekan lalu.


Selain sirip hiu, DJBC juga menegah 66 kantong bibit lobster. “Salah satu kekayaan alam kita kan lobster. Lobster itu ada bibitnya. Nah ini yang diekspor, sehingga jangan sampai ada negara lain yang mendapatkan manfaatnya saat bibit tersebut besar,” jelas Menkeu lagi.


Sebagai informasi, sirip hiu termasuk dalam jenis barang yang dilarang untuk diekspor sesuai Peraturan Menteri KP Nomor 59 tahun 2014. Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan belum lama ini menghentikan sementara ekspor dua jenis hiu itu termasuk produk turunanya dalam rangka perbaikan populasi dan perbaikan manajemen pengelolaan perikanan hiu di Indonesia. (as)