Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJBC Serius untuk Implementasi PLB

Jakarta, 25/04/2016 Kemenkeu - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan, bekerjasama dengan Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) menyelenggarakan Seminar Internasional Pusat Logistik Berikat (PLB). Seminar ini merupakan tindak lanjut peresmian 11 PLB oleh Presiden RI pada 10 Maret 2016. Dengan tema “Mewujudkan Mimpi Menjadi Hub Logistik Asia Pasifik”, DJBC menunjukkan keseriusannya dalam implementasi PLB.


Dari hasil koordinasi dengan ALI, banyak asosiasi industri dan logistik serta supplier luar negeri yang belum memiliki pemahaman yang memadai tentang PLB dan peluangnya. Seminar ini sebagai bentuk upaya untuk mensosialisasikan kebijakan mengenai PLB kepada instansi terkait, asosiasi-asosiasi industri, asosiasi logistik, kamar dagang negara mitra, atase perdagangan mitra, dan lembaga pembiayaan internasional.


 Sesuai amanat Presiden RI agar logistik di Indonesia harus efisien, tujuan pembentukan PLB di setiap daerah adalah untuk mengurangi dwelling time di pelabuhan, mendekatkan bahan baku dengan industri, menciptakan efisiensi biaya logistik, menciptakan peluang investasi, serta menjadikan Indonesia sebagai hub logistik Asia Pasifik.


Seminar ini juga sebagai bentuk sinergi dan komitmen pemerintah, dimana ke depan akan terus dilakukan bimbingan dan asistensi kepada perusahaan-perusahaan yang berminat menjadi PLB. Dari data, saat ini sudah ada 11 perusahaan yang memiliki izin PLB dengan lokasi tersebar di berbagai daerah dan menimbun jenis barang yang beragam. (as)