Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJBC Tegah Ratusan Kamera Digital Senilai Miliaran

Jakarta, 4/10/2013 MoF (Fiscal) News – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kanwil IV Tipe Khusus Tanjung Balai Karimun, Kepri, berhasil menangkap Kapal Motor (KM) yang membawa ratusan unit kamera digital berbagai tipe dari Batam dengan tujuan ke Jambi. Kepala Bidang Operasi Kanwil IV Agus menungungkapkan bahwa KM dengan nama Fahmi Erpan 1 ditangkap karena membawa ratusan kamera digital tanpa dilengkapi dokumen kepabeanan. Penangkapan itu sendiri dilakukan pada hari Rabu (25/9) di Perairan Tanjung Piayu.

Kepala Bidang Penyidikan dan Barang Bukti Kanwil IV DJBC Tipe Khusus Tanjungbalai Karimun Budi Santoso mengatakan, pihaknya belum menetapkan tersangka dalam penanganan perkara ini. ”Kita masih melakukan penyelidikan dalam kasus ini. Untuk kepastian berapa jumlah pasti kamera digital merek Canon berbagai tipe dari 30 kardus kita harus menghitung dulu semuanya,” paparnya.

Untuk mengelabui petugas, 30 kardus berisi kamera yang nilainya mencapai Rp6 miliar itu disimpan di bagian bawah kapal. "Lebih tepat disembunyikan. Di atasnya ada barang-barang lain seperti keramik,” ujar Kepala Bidang Operasi Kanwil IV seperti dilansir oleh media. Kini, nakhoda kapal berinisial Ek bersama 6 kru kapal bersama kapal langsung dibawa ke Pelabuhan Ketapang BC di Meral. Sementara, barang hasil tangkapan sudah diserahkan ke bidang penyidikan. (nic)