Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJKN Serah Terimakan Aset Eks Pertamina dan IJJDF Senilai Rp 24,4 Miliar

Jakarta, 27/01/2016 Kemenkeu - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) selaku pengelola Barang Milik Negara (BMN) menyerahkan aset eks Pertamina senilai Rp19 miliar kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Keuangan. Serah terima aset dilaksanakan pada Selasa (26/1) di Aula Serba Guna Kantor Pusat DJKN, Jakarta.

Aset eks Pertamina yang diserahkan tersebut antara lain berupa tanah dan bangunan yang berlokasi di Jakarta Pusat dan Bandung, diserahkan kepada Kementerian Keuangan. Sementara aset berupa tanah dan bangunan di Kota Sorong diserahkan kepada Kementerian PUPR, yang akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur di Sorong.

Selain aset eks Pertamina, pada kesempatan yang sama DJKN juga menyerahkan aset eks The Irian Jaya Joint Development Foundation (IJJDF) senilai Rp5,4 miliar kepada Pemerintah Kota Sorong, Kabupaten Kepulauan Yapen, dan Kepolisian Daerah Papua.

Aset yang diserahkan kepada Polda Papua yaitu aset dan bangunan yang berada di  Kabupaten Merauke, Kabupaten Keerom Papua dan Kabupaten Jayapura.  Adapun aset yang diserahkan kepada Pemerintah Daerah Sorong yaitu tanah dan bangunan di Kota Sorong. Sementara, aset yang diserahkan kepada Kabupaten Yapen yaitu dua aset yang berlokasi di  Distrik Waropen Bawah dan Distrik Yapen Timur.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Sonny Loho menyampaikan pentingnya optimalisasi dan peningkatan produktivitas aset negara. Oleh sebab itu, perubahan pola pengelolaan aset negara dari hanya mengurus secara administratif menjadi manajer aset diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap pengelolaan kekayaan negara, sehingga dapat menghasilkan penerimaan negara.
 
Namun demikian, menurutnya, tidak semua pengelolaan aset negara memiliki tujuan komersial. Sejumlah aset negara, misalnya, digunakan untuk mendukung pemerataan pembangunan. “Contohnya adalah penyerahan aset eks pertamina dan eks IJJDF ini,” ungkapnya.

Melalui acara ini, Dirjen Kekayaan Negara berharap dapat terjalin sinergi dan kerja sama yang lebih baik antara DJKN dengan Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Sebagai informasi, acara serah terima ini dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing instansi penerima BMN, antara lain Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Kepala Biro Perlengkapan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, Wakil Polda Papua, Wakil Walikota Sorong dan Kepulauan Yapen.(nv)