Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJP Antisipasi Akar Permasalahan Kasus Gayus

 

 

Jakarta, 11/10/2010 MoF (Fiscal) News - Kementerian Keuangan segera mengantisipasi akar permasalahan kasus Gayus Tambunan. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Pajak M. Tjiptardjo saat menggelar konferensi pers di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Jakarta pada Senin (11/10).

''Dampak kasus Gayus pada masyarakat itu dampaknya besar
sekali. Kemenkeu segera mengantisipasi akar permasalahannya,'' papar Tjiptardjo. Ia mengakui, kasus penyelewengan pajak yang dilakukan Gayus Tambunan memberikan dampak mendalam, tidak hanya terhadap instansi DJP, tetapi juga para individu pegawai DJP. Dampak yang cukup besar adalah adanya demotivasi dan dampak psikologis terhadap kinerja para pegawai DJP, serta menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap DJP.
 

Tjiptardjo menyatakan telah melakukan diskusi dengan beberapa pihak yang dianggap dapat menyelesaikan permasalahan di lingkungan DJP. ''Kita sudah berdiskusi dengan asosiasi Wajib Pajak dan stakeholder. Dari banyak pertemuan itu kita menyimpulkan ada  beberapa masalah yang dihadapi DJP,'' ungkapnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, DJP meluncurkan crash program yang secara garis besar difokuskan pada sembilan bidang yang bersifat prioritas. Sembilan permasalahan tersebut antara lain tata nilai dan budaya kerja, pemeriksaan, keberatan, banding, ekstensifikasi, pengawasan kepatuhan, sumber daya manusia, teknologi informasi dan komunikasi, dan organisasi. ''Soal tata nilai dan budaya kerja, di pajak belum ada corporate value,'' kata Tjiptardjo. Untuk itu, crash program diharapkan dapat menjelaskan dan menjadi solusi terhadap akar permasalahan di lingkungan DJP.(sel)