Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJP: Bangsa Besar Masyarakatnya Taat Bayar Pajak

Jakarta, 23/09/2013 MoF (Fiscal) News - Meningkatnya kesadaran masyarakat untuk membayar pajak merupakan salah satu faktor pendorong untuk mewujudkan Indonesia menjadi bangsa yang besar dan maju. Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak  Fuad Rahmany dalam seminar perpajakan yang berlangsung pada Senin (23/9) di Jakarta.

Menurut Fuad, kontribusi dari sektor perpajakan akan membantu pemerintah dalam pembangunan infrastruktur, yang pada gilirannya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. "Sehingga pertumbuhan ekonomi kita (Indonesia) dapat dipercepat dan meningkat. Pemerintah perlu membangun infrastruktur seperti  jalan, jembatan, pelabuhan, bandara, dan yang lainnya,” ujarnya.

Pihaknya juga menegaskan bahwa pajak merupakan instrumen penting dalam kehidupan bernegara. Seluruh kebutuhan pembangunan negara, baik pembangunan infrastruktur, belanja subsidi, maupun kebutuhan belanja pegawai dibiayai dari pajak. "Pemerintah juga perlu membangun penyediaan fasilitas umum yang tidak bisa disediakan oleh warga negara atau badan usaha. Jalan, jembatan, pelabuhan, sekolah umum, kesehatan, kalau rumah sakit yang menguntungkan banyak, tapi untuk umum nggak ada yang mau bikin. Ini harus negara yang sediakan. Dana itu kan diperoleh dari pajak, " kata Fuad.(ak)