Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJP Beri Penghargaan 24 Wajib Pajak Besar

Jakarta, 05/04/2016 Kemenkeu - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan apresiasi dan penghargaan kepada 24 Wajib Pajak Besar yang terdaftar di Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Wajib Pajak Besar. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro di Auditorium Cakti Budhi Bhakti Kantor Pusat DJP, Jakarta pada Selasa (05/04).

Selain kontribusi yang besar, penghargaan juga diberikan dengan pertimbangan bahwa para Wajib Pajak tersebut patuh dan kooperatif dengan para petugas di KPP masing-masing. Sebagai informasi, pada tahun 2015, kontribusi Wajib Pajak yang terdaftar di Kanwil DJP Wajib Pajak Besar mencapai Rp338,85 triliun, atau hampir 32 persen dari total penerimaan pajak nasional.

Ke-24 Wajib Pajak tersebut terdiri atas 23 Wajib Pajak Badan (perusahaan) dan satu Wajib Pajak Orang Pribadi (perseorangan). Mereka masing-masing terdaftar di empat Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Wajib Pajak Besar yang berada di lingkungan Kanwil DJP Wajib Pajak Besar.

Para Wajib Pajak Besar penerima penghargaan yang terdaftar di KPP Wajib Pajak Besar Satu yaitu PT Bank Central Asia Tbk., PT Astra Sedaya Finance, The Hongkong and Shanghai Banking Corp Ltd., PT Adaro Indonesia, PT Kaltim Prima Coal, dan PT Newmont Nusa Tenggara. Selanjutnya, Wajib Pajak yang terdaftar di KPP Wajib Pajak Besar Dua yaitu PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor, PT Unilever Indonesia Tbk., PT Krama Yudha Tiga Berlianmotors, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Jawa Power.

Adapun yang terdaftar di KPP Wajib Pajak Besar Tiga yaitu PT Pertamina (Persero), PT Semen Indonesia (Persero) Tbk., PT Bio Farma (Persero), PT Kimia Farma (Persero) Tbk., PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Perkebunan Nusantara III. Terakhir, Wajib Pajak Besar yang terdaftar di KPP Wajib Pajak Besar Empat yaitu Bank Indonesia, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., dan Ir. Arifin Panigoro.

Dengan penghargaan ini, DJP berharap para Wajib Pajak dapat lebih bersemangat untuk melaksanakan hak dan kewajibannya dengan lebih baik pada tahun 2016 ini.

Selain pemberian penghargaan, DJP juga berencana untuk mengadakan pertemuan secara rutin dengan para Wajib Pajak yang diadakan secara sektoral pada tahun ini. Hal ini dilakukan untuk mendiskusikan berbagai permasalahan di lapangan dan membantu para Wajib Pajak untuk melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan mereka dengan baik. Bantuan terhadap Wajib Pajak ini sangat penting, mengingat para Wajib Pajak yang terdaftar di KPP di lingkungan Kanwil DJP Wajib Pajak Besar sering memiliki permasalahan yang kompleks.(nv)