Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJP dan OJK Tandatangani Nota Kesepahaman

Jakarta, 04/07/2013 MoF (Fiscal) News - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan melakukan kerja sama dalam pengawasan industri jasa keuangan. Kerja sama tersebut diwujudkan dengan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) oleh kedua pihak yang berlangsung hari ini, Kamis (4/7) di Kantor Pusat DJP Jakarta.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Jenderal Pajak Fuad Rachamany dan Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Rahmat Waluyanto, serta disaksikan oleh Menteri Keuangan M. Chatib Basri dan Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad. Dalam sambutanya, Menkeu mengatakan bahwa pendatanganan kesepakatan bersama ini merupakan suatu langkah penting dan sangat strategis yang perlu ditindaklanjuti. Menkeu menegaskan, DJP akan memberikan berbagai dukungan kepada OJK.

Sementara itu, menurut Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Humas Kismantoro Petrus, dukungan tersebut meliputi pemberian data dan informasi seperti data identitas wajib pajak, informasi kepatuhan perpajakan, serta data dan informasi mengenai hubungan kepemilikan pelaku kegiatan sektor jasa keuangan. Ruang lingkup kerja sama ini meliputi harmonisasi peraturan perundang-undangan di sektor jasa keuangan dan perpajakan, pemanfaatan data dan informasi dalam melaksanakan fungsi pengawasan serta pelaksanaan pendidikan, pelatihan dan penyuluhan untuk kedua belah pihak. (ak)