Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJP Jalin Kerja Sama dengan PLN, BPJS, dan Pelindo

Jakarta, 08/04/2014  MoF (Fiscal) News - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan terus melakukan upaya ekstensifikasi maupun intensifikasi guna mengejar terget penerimaan pajak yang telah ditetapkan pemerintah. Salah satu upayanya yaitu dengan melakukan penandatangan kerja sama dengan PT PLN (Persero), PT Pelindo IV, dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan yang pada Selasa (8/4) di Gedung Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta.

Penandatanganan yang dilakukan oleh Direktur Jenderal Pajak Fuad Rahmany tersebut disaksikan langsung oleh Menteri Keuangan M. Chatib Basri. Menurut Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Humas DJP, Kismantoro Petrus, dengan telah dilakukannya penandatanganan tersebut, maka seluruh pihak terkait dapat melakukan pemanfaatan dan pertukaran data untuk lebih mengoptimalkan penerimaan pajak. "Nantinya PLN akan memberikan data konsumen listriknya untuk daya 2.200 VA ke atas beserta tagihan listriknya," jelasnya.

Sementara itu, terkait kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, nantinya DJP akan melakukan pertukaran  data mengenai kepesertaan program Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Melalui kerja sama dengan Pelindo IV, nantinya DJP akan memperoleh Data Pelayanan Kepelabuhan. Seluruh data yang diperoleh tersebut akan dimanfaatkan oleh Ditjen Pajak untuk mendukung meningkatkan penerimaan pajak melalui kegiatan ekstensifikasi maupun intensifikasi pajak.


Selain itu, seluruh pihak yang berkepentingan dalam kesepakatan bersama tersebut juga sepakat untuk saling memberikan dukungan dalam bentuk sosialisasi dan penyuluhan dalam rangka peningkatan pengetahuan masing-masing pihak. Menteri Keuangan berharap, melalui proses ini dapat terjalin kerja sama yang baik dan bermanfaat bagi semua pihak.(ak/anh)