Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJP Optimistis Capai Target Penerimaan Pajak Sektor Properti


Jakarta, 27/11/2013 MoF (Fiscal) News - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) optimistis target penerimaan pajak dari sektor properti yang ditetapkan pemerintah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2013 dapat tercapai. Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Fuad Rahmany, Selasa (26/11) di Jakarta.

Menurut Dirjen Pajak, DJP telah menargetkan penerimaan pajak dari sektor properti hingga akhir 2013 dapat mencapai Rp60 triliun. Target penerimaan itu mengalami kenaikan sekitar Rp10 triliun jika dibandingkan dengan tahun 2012 yang sebesar Rp50,55 triliun.

Ia menjelaskan, kenaikan penerimaan pajak sektor properti tersebut berasal dari pajak konstruksi dan pajak real estate. Pihaknya menilai, penerimaan pajak dari sektor tersebut dapat meningkat, tak lepas dari berbagai faktor.

Ia menambahkan, DJP tengah gencar melakukan pengetatan pemeriksaan pajak sektor properti. Hal tersebut diyakini akan berdampak postif bagi meningkatnya kepatuhan wajib pajak di sektor properti dalam membayar pajak. "Para wajib pajak di sektor ini (properti) lebih patuh membayar pajak, setelah kantor pajak gencar dalam pemeriksaan pajak di sektor properti," katanya. Selain itu, bisnis properti di Indonesia juga terus mengalami pertumbuhan.(ak)