Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJP Sosialisasikan Pajak Lewat Lomba Lari dan Basket

Jakarta, 30/05/2016 Kemenkeu - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan menggelar sosialisasi fasilitas pembayaran pajak bertajuk 'Bayarnya e-Billing Lapornya e-Filling' pada Minggu (29/5) di Parkir Barat Sarinah, Jakarta.

Menurut Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi, acara ini merupakan bentuk apresiasi DJP atas tercapainya target pelaporan pajak tahun 2015 melalui e-filing. "Ini bentuk apresiasi kepada masyarakat yang telah menyampaikan SPT (Surat Pemberitahuan) melalui e-filing," katanya.

Sosialisasi dimulai dengan lomba lari lima kilo meter (5K) di sepanjang kawasan Car Free Day Jalan M.H. Thamrin, Jakarta dilanjutkan dengan basket three on three. Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro yang turut hadir dalam sosialisasi ini berharap, kegiatan ini dapat mendorong kepatuhan Wajib Pajak. “Kita meningkatkan kepatuhan sekaligus pelayanan. Kalau pakai e-filing kita bisa meningkatkan kepatuhan pajak dan kepatuhan membayarnya," katanya usai acara sosialisasi.

Selain itu, Menkeu juga berharap DJP terus melakukan inovasi layanan perpajakan agar semakin memudahkan Wajib Pajak. "Kalau untuk target (penerimaan pajak), ya pasti inginnya setiap tahun naik, (tapi) kami ingin ke depannya urusan pajak semua online," ujarnya.

Seperti diketahui, e-filing merupakan inovasi DJP untuk memudahkan sekaligus meningkatkan pelayanan kepada para pembayar pajak dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya.

Dengan e-filing, kegiatan mengisi dan mengirim SPT tahunan dapat dilakukan dengan mudah dan efisien, karena tersedia formulir elektronik di layanan pajak online yang siap memandu para pengguna layanan. Selain itu, layanan pajak online dapat diakses kapan pun dan di mana pun, sehingga penyampaian SPT melalui e-filing dapat dilakukan setiap saat selama 24 jam.(anh)