Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJP Susun Langkah-Langkah Strategis Amankan Penerimaan Pajak 2012


 

Jakarta, 10/01/2012 MoF (Fiscal) News – Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) telah menyusun langkah-langkah strategis, dalam rangka mengamankan penerimaan pajak tahun 2012. Demikian disampaikan Direktur Jenderal Pajak Fuad Rachmany saat konferensi pers di Gedung Pusat DJP Jakarta, pada Selasa (10/1).  "Dan beberapa (langkah -langkah) ini sudah ada yang kita lakukan pada tahun 2011," kata  Fuad.

Fuad mencontohkan,  Sensus Pajak Nasional (SPN) yang telah dilakukan pada tahun 2011 akan diteruskan, bahkan akan dilakukan persiapan yang lebih matang, sehingga pelaksanaannya nanti lebih tepat dan akurat. "Pengalaman 2011 kemarin sudah pasti menjadi pelajaran berharga bagi kami (DJP) dalam menyusun rencana untuk (SPN) tahun ini," katanya.

Langkah strategis lain yang akan ditempuh adalah peningkatan penegakan hukum di bidang perpajakan dan penyempurnaan sistem piutang secara online. "Kita akan meredam penerbitan  faktur pajak palsu, dengan memberlakukan sistem online," kata Fuad. DJP juga akan melakukan penyempurnaan sistem administrasi pajak sektor Pajak Pertambahan Nilai (PPN), yaitu dengan mereview ulang kebijakan pemberian Nomor Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (NPPKP).

Fuad menjelaskan target PPN memang ditinggikan. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong peningkatan kesadaran para pelaku usaha tanah air untuk berperan serta dalam membayar pajak. Selain itu, pada tahun 2012, DJP akan melakukan pembinaan dan pemberian fasilitas perpajakan untuk sektor UMKM. (ak)