Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJP Terus Berupaya Tingkatkan Penerimaan Pajak

Jakarta, 25/09/2013 MoF (Fiscal) News – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan akan terus bekerja keras agar penerimaan pajak  dapat mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pernyataan Direktur Jenderal Pajak Fuad Rahmany mengacu pada masih rendahnya angka jumlah Wajib Pajak (WP) serta minimnya jumlah pegawai pajak. Pihaknya mengakui, penerimaan pajak saat ini belum menunjukkan performa maksimal.

"Jumlah pegawai pajak dan konsultan pajak saat ini tidak seimbang dengan jumlah wajib pajak," kata Fuad.  Guna menanggulangi masih minimnya pegawai dan konsultan pajak di Indonesia, Fuad mengatakan, pihaknya telah meminta kepada Menteri Keuangan untuk merekrut  65 ribu  pegawai pajak baru. Namun selain itu, masalah yang dihadapi DJP adalah kurangnya kesadaran WP membayar pajak.

"Seharusnya ada 6 juta perusahaan yang bayar pajak. Sekarang baru 520 ribu yang bayar. Sedangkan wajib pajak pribadi masih baru 30 persen yang bayar pajak," ungkap Fuad. Ia meyakini, seiring dengan tetap terjaganya pertumbuhan ekonomi maka tax ratio akan terus tumbuh dan pembangunan infrastruktur dapat lebih maksimal. "Kalau tax ratio meningkat maka pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa maju pesat," tegasnya. (ak)