Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJP Terus Kembangkan Infrastruktur Berbasis IT


Jakarta, 09/12/2013 MoF (Fiscal) News - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) akan terus mengembangkan infrastruktur berbasis information technology (IT) sebagai salah satu upaya menggenjot penerimaan negara dari sektor pajak. Direktur Teknologi Informasi Pajak Iwan Djuniar mengatakan, DJP terus mengembangkan fasilitas pelaporan pajak berbasis IT, seperti pajak mobile dan juga e-filling.

Untuk e-filling sendiri, pihaknya menargetkan terdapat 700.000 wajib pajak (WP) yang sudah menggunakan fasilitas ini tahun depan. "Tapi kami targetkan e-filling bisa mencapai 700 ribu WP dulu  tahun depan," kata Iwan di Kantor Pusat DJP, Jakarta, Jumat (6/12).

Masih terkait perkembangan e-filling, pihaknya mengakui, pergerakan laju pengguna e-filling masih sangat minim, karena banyak masyarakat yang belum peka pada penggunaan teknologi internet. "Penggunaan e-filling dimulai sejak 2001, namun sampai sekarang masih sangat minim jumlahnya," jelasnya. Ia menambahkan, masyarakat pengguna e-filling saat ini jumlahnya mencapai 319 ribu dari jumlah WP pribadi yang sebesar 20 juta pada 2012.(ak)