Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJP Terus Optimalkan Penerimaan Pajak

Jakarta, 14/08/2013 MoF (Fiscal) News – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan akan terus melakukan optimalisasi penerimaan pajak. Demikian diungkapkan Direktur Jenderal Pajak Fuad Rachmany awal pekan ini. Fuad menegaskan, pihaknya akan meningkatkan jumlah pegawai pajak, karena hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk mendongkrak penerimaan perpajakan.

Fuad menilai, penambahan pegawai pajak akan dilakukan karena saat ini jumlah pegawai pajak dinilai belum sebanding dengan banyaknya jumlah Wajib Pajak (WP) yang masih belum tersentuh. Menurut Fuad, jumlah pelaku usaha pribadi dan WP non-karyawan di Indonesia cukup besar, namun belum banyak tersentuh.

"Penerimaan kita dari orang pribadi yang besar selama ini itu adalah dari karyawan, tapi dari yang non-karyawan ini masih rendah, jauh. Maksudnya itu orang-orang yang self-employee, orang yang mempunyai perusahaan sendiri. padahal potensinya itu besar sekali," tegasnya. Oleh karenanya, DJP akan kembali mengoptimalkan penerimaan pajak dari para pelaku usaha pribadi dan WP non-karyawan. Karena, WP tersebut selama ini kontribusinya dinilai masih kurang terhadap penerimaan negara dari pajak. (ak)