Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJP Terus Optimalkan Penggunaan e-Filing

Jakarta, 15/03/2014 MoF (Fiscal) News - Direktorat Jendral Pajak (DJP) terus berupaya meningkatkan dan mengoptimalkan program penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan dengan metode e-Filing. Salah satu upaya yang dilakukan DJP adalah dengan menggelar sosialisasi pelaporan SPT melalui e-Filing yang berlangsung pada Kamis (13/3).

Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Humas DJP Kismantoro Petrus mengatakan, DJP telah menjalin kerja sama dengan para konsultan pajak yang tergabung dalam Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) guna mendongkrak angka pengguna e-Filing. Seperti diketahui, e-Filing merupakan sistem pelaporan SPT yang dikembangkan DJP dengan memanfaatkan sarana internet. "Sehingga pelaporan SPT dapat dilakukan secara online, tanpa melalui pihak lain dan tanpa dipungut biaya apapun," ungkapnya. Program e-Filing ini diyakini akan memberikan kemudahan bagi Wajib Pajak dalam pembuatan dan penyerahan laporan SPT kepada DJP secara lebih cepat dan praktis.

Terkait teknis pengunaan e-Filling, ia memaparkan, Wajib Pajak perorangan yang akan mengisi SPT PPh secara elektronik terlebih dahulu harus memasukkan nomor identifikasi elektronik (e-FIN), dan kemudian melakukan registrasi dan aktivasi e-Filing. Untuk memperoleh e-FIN, WP dapat mendatangi Kantor Pelayanan Pajak terdekat.(ak)