Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJPK Gelar Workshop tentang Dana Alokasi Khusus Tahun Anggaran 2017

Jakarta, 09/05/2016 Kemenkeu - Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) menyelenggarakan workshop mekanisme penyusunan, penyampaian dan penilaian usulan daerah untuk pengalokasian Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2017 pada 2-10 Mei 2016.

Acara diselenggarakan di dua tempat, yaitu Auditorium Nagara Dana Rakca, Gedung Radius Prawiro dan Aula Notohamiprodjo Gedung Notohamiprodjo Kementerian Keuangan, Jakarta. Acara ini menghadirkan narasumber para pejabat di lingkungan DJPK, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan kementerian/lembaga teknis.

Acara yang berlangsung mulai pukul 09.00 sampai pukul 15.00 WIB ini dihadiri oleh kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), kepala biro keuangan/ Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) dan kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang membidangi pendidikan, kesehatan, pertanian, dan pekerjaan umum.

Workshop ini diharapkan menjadi jembatan untuk memperbaiki pelaksanaan DAK pada umumnya dan menyempurnakan kebijakan penyusunan, penyampaian dan penilaian DAK pada khususnya pada tahun anggaran 2017, sehingga penyediaan barang publik di daerah akan terakselerasi cepat dan pada akhirnya akan menyejahterakan rakyat.

Sebagaimana diketahui, mulai tahun 2016, pengalokasian DAK dilakukan berdasarkan usulan daerah dengan memperhatikan prioritas nasional. Sesuai ketentuan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 48/PMK.07/2016 tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa, usulan DAK dari daerah disampaikan kepada pemerintah pusat paling lambat minggu pertama Bulan Juni.(nv/djpk)