Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DPR Akan Cermati Pelaksanaan APBN 2014

Jakarta, 20/08/2013 MoF (Fiscal) News – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melalui fungsi pengawasannya akan mencermati pelaksanaan APBN yang akan berjalan 1 Januari 2014. Menurut Ketua DPR Marzuki Alie, ada tiga hal penting yang menjadi perhatian utama DPR terkait dengan pelaksaan fungsi anggaran. "Pertama, tahun 2014 adalah tahun pelaksanaan pemilu legislatif, dan pelaksanaan pemilu presiden dan wakil presiden yang diharapkan akan berlangsung aman dan tertib. Stabilitas nasional perlu terjaga, kondisi politik berjalan kondusif yang semuanya berjalan akan berpengaruh kepada kondisi perekonomian nasional,” kata Marzuki.

Hal penting yang kedua, APBN triwulan ke IV tahun 2014 akan dilaksanakan oleh pemerintahan baru hasil pemilu tahun 2014 mendatang. "Perlu dicatat bahwa berbagai bentuk pembahasan dan kesepakatan yang telah dilakukan DPR dan pemerintah yang tertuang dalam undang-undang APBN tahun 2014 diharapkan dapat terus dilaksanakan oleh pemerintahan baru hasil pemilu 2014," imbuhnya.

Dan yang ketiga, memperhatikan pengoptimalan realisasi anggaran, di mana penyerapan anggaran harus dapat terdistribusi dengan baik dan merata. “Dan tidak menumpuk pada triwulan ke 4 atau saat tahun anggaran akan berakhir,” pungkasnya. (ak)